Gareth Southgate Tak Setuju, Apakah Inggris Tetap Ikut Piala Dunia 2022?

387
Gareth Southgate Tak Setuju, Apakah Inggris Tetap Ikut Piala Dunia 2022?
Stadion di Qatar (Dok. bandarjudiqq

Gareth Southgate dan Legenda timnas Inggris, Gary Lineker, mengeluhkan jadwal Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember.

Ia berpendapat bahwa Piala Dunia 2022 yang digelar pada periode tersebut bisa mengganggu jalannya kompetisi reguler sepak bola, khususnya di sebagian besar negara-negara Eropa.

Apalagi Panitia Piala Dunia 2022 di Qatar mengatakan bahwa mereka siap menjadi tuan rumah untuk turnamen dengan format baru 48 tim. Qatar mengatakan mereka sanggup menjadi tuan rumah sendirian tanpa bantuan negara lain.

Presiden FIFA Gianni Infantino ingin menambah 16 tim tambahan di PD 2022. Usulan itu supaya Qatar mau mengajak negara lain untuk menjadi tuan rumah bersama.

Gareth Southgate menolak untuk menyetujuinya. Baginya, terlalu banyak peserta justru akan membuat pertandingan semakin membosankan.

Pendapat berbeda dikemukakan oleh Nasser Al Khater, asisten sekjen turnamen panitia PD 2022. Ia mengatakan bahwa piala dunia dengan format 48 tim bisa dilakukan dengan delapan stadion.

Pernyataan Resmi FIFA

Dalam rilis resminya, asosiasi sepak bola dunia (FIFA) lewat sang Presiden, Gianni Infantino, mengumumkan bahwa jadwal penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar nanti jatuh pada 21 November hingga 18 Desember. Keputusan itu membuat ajang Piala Dunia, untuk kali pertama keluar dari pakem penyelenggaraannya yang selama ini diputar pada bulan Juni-Juli.

Pernyataan Infantino bukanlah suatu hal yang betul-betul baru dan segar. Pasalnya, waktu penyelenggaraan Piala Dunia 2022 sudah ditetapkan oleh FIFA sejak tahun 2015 silam tatkala Sepp Blatter masih berkuasa.

Meskipun hingga sekarang hal ini masih menjadi kontroversi, lantaran Presiden Federasi Sepakbola Inggris FA, Greg Dyke sempat menyatakan harus ada pemungutan suara ulang untuk menunjuk tuan rumah Piala Dunia mendatang menyusul ‘krisis’ di tubuh organisasi dunia sepakbola itu.

Namun federasi sepakbola Qatar menyatakan tak ada proses tersembunyi dalam pemungutan suara ketika mereka terpilih.

Sebaliknya, Infantino menyatakan bahwa partisipasi di Piala Dunia menjadi katalis perkembangan sepak bola di sebuah negara. Hal itu menjadi dasar pikiran FIFA untuk menambah jumlah peserta.

Walaupun kondisi Qatar saat ini masih diembargo negara-negara tetangganya. Penutupan perbatasan dengan beberapa negara tetangga membuat kemampuan Qatar menjadi tuan rumah diragukan. Namun, hingga saat ini, persiapan PD 2022 di Qatar masih terus berjalan.

Source bandarjudiqq