Benarkah Arsenal Akan Segera Pecat Emery? 4 November 2019

Unai Emery disebut sudah mencapai titik balik dalam kariernya sebagai pelatih Arsenal. Kabarnya, posisinya sekarang sudah tidak terlalu aman. Rumor pemecatan tidak bisa diremehkan.
Saat ini, Arsenal hanya bisa meraih 11 poin dari 9 pertandingan terakhir, tersingkir dari Carabao Cup, dan gagal memetik dua kemenangan kandang atas Crystal Palace dan Wolverhampton.

Teriakan frustrasi fans Arsenal tak lagi terbendung. Mereka heran sekaligus kecewa dengan beberapa keputusan kontroversialnya. Akibat hal itu membuat posisinya pun semakin terancam. Apakah Emery sudah kehabisan waktu?

Emery dan Arsenal
Emery dan Arsenal

Titik Balik Emery

Posisi sulit Emery ini kian tak nyaman seiring menguatnya rumor Jose Mourinho sebagai calon pengganti. Namun, masalah utamanya terletak pada hubungannya dengan fans Arsenal.

Analis Sky Sports, John Cross yakin Emery sekarang berada di titik balik dalam kariernya sebagai pelatih Arsenal.Setelah ini, tampaknya Dia akan semakin kesulitan dan akhirnya terdepak.

"Saya kira kiat sudah mencapai titik balik di mana Unai Emery sudah tuntas. Biar begitu, saya kira mereka tidak akan memecatnya sampai Desember nanti atau ketika empat besar benar-benar di luar jangkauan," kata Cross.

"Saya hanya merasa dia adalah penunjukan yang keliru, sebagian karena batasan perbedaan bahasa, tetapi sebenarnya dia tidak pernah benar-benar terhubung dengan fans."

Kesalahan Emery

Lebih lanjut, Cross menilai kegagalan Emery terlihat dari kualitas skuad Arsenal. Dia sudah didukung membeli sejumlah pemain pada musim panas lalu, skuad Arsenal sudah cukup kuat tetapi Dia masih gagal menemukan sentuhan yang terbaik.

"Pihak klub mendukungnya maksimal pada musim panas lalu dan skuad ini seharusnya bisa dengan mudah menembus empat besar. Bakal jadi kesalahan Emery jika mereka gagal," lanjut Cross.

"Ada banyak pemain bagus di sana. Jika Anda mau melihat klub-klub lain, Arsenal jelas punya skuad yang lebih baik daripada Leicester, tetapi Brendan Rodgers terbukti sebagai pelatih yang lebih baik dan mampu memaksimalkan potensi pemainnya," tandasnya.

Baca Juga: Buffon Taruh Harapan Ke Ronaldo Untuk Menangkan Liga Champions

Rumor Penggantian Emery

Eks manajer Chelsea Jose Mourinho dikabarkan sempat makan malam bersama dengan head of football Arsenal Raul Sanllehi pekan kemarin.

Arsenal sudah dua musim ini ditangani oleh Unai Emery. Musim ini manajer asal Spanyol itu diharap bisa membawa The Gunners tampil lebih baik dari musim lalu.

Akan tetapi, banyak yang menilai performa skuat Arsenal tak mengalami banyak peningkatan. Dalam tiga pertandingan terakhir, The Gunners tak pernah meraih kemenangan.

Situasi di klub London itu juga makin ambyar karena Granit Xhaka. Sang Arsitek memilih menjadikannya kapten meski pemain asal Swiss itu tidak disukai oleh penggemar The Gunners.

Emery and Murinho
Emery and Mourinho saat masih menjadi arsitek MU

Mau permainan menarik dan dapet duit. Klik disini!

Fans: Sudah Tenggat Waktu

Situasi ini rupanya tak lagi bisa ditolerir manajemen Arsenal. Menurut laporan The Times, Sang Arsitek tak punya banyak waktu lagi di Emirates Stadium.

Eks bos PSG itu disebut hanya punya satu atau dua laga lagi untuk menyelamatkan pekerjaannya di Emirates Stadium. Jika menuai hasil negatif jelang jeda internasional, ia akan didepak dari Arsenal.

Times juga menambahkan, Arsenal kini mempertimbangkan untuk menggantikannya dengan Mourinho. Bahkan manajer asal Portugal itu disebut sudah makan malam bareng Sanllehi.

Dalam kesempatan itu, Sanllehi disebut membeberkan rencananya untuk skuat Arsenal. Mourinho pun dikabarkan terkesan dengan pemaparan yang disampaikan oleh pria asal Spanyol tersebut.

Emery pada posisi sulit
Emery pada posisi sulit

Murinho Mulai Tertarik

Jose Mourinho sendiri terakhir kali bekerja saat masih jadi manajer Manchester United. Ia didepak dari Old Trafford pada Desember 2018.

Setelah itu, Mourinho memilih untuk rehat lebih dahulu. Ia sempat mengaku akan balik melatih setelah kompetisi musim ini dimulai.

Akan tetapi ia tak kunjung mendapatkan klub baru. Sejauh ini, Mourinho sudah dikaitkan dengan sejumlah klub seperti Bayern Munchen, Tottenham, hingga Barcelona dan Real Madrid.

Saat ini Arsenal berada di peringkat lima klasemen sementara Premier League. Pasukan The Gunners mengoleksi 17 poin dari 11 pertandingan.